KlikSatu

Dunia Dalam klik satu

Sumber Nutrisi Ibu Hamil Yang Wajib Anda Tahu

Nutrisi Ibu Hamil
Nutrisi Ibu Hamil


Nutrisi Ibu Hamil membutuhkan lebih banyak makanan yang kaya akan nutrisi , asupan nutrisi lebih banyak dari sebelum mengandung karena menyuplai makanan ke janin yang ada di kandungannya. Nutrisi ibu hamil muda sangat perlu diperhatikan dengan serius agar janin yang dikandungnya dapat berkembang dengan baik dan sehat .

Nutrisi adalah subtansi organic yang dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan dan menjaga kesehatan, bagi ibu hamil sangat perlu asupan nutrisi untuk menjaga kesehatan tubuh dan janinnya. Asupan nutrisi saat masa kehamilan akan mengakibatkan resiko bayi kurang gizi, bobot bayi kurang dan cacat atau premature. Nutri ibu hamil harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi selam kehamilan , jangan sampai pola makan tidak sehat mengakibatkan resiko tinggi pada janinnya.
Sumber nutrisi apa sajakah yang harus ibu hamil perlukan saat kehamilan ? berikut yang harus diperhatikan
Karbohidrat

Nutrisi ibu hamil yang pertama adalah karbohidrat, dianjurkan asupan nutrisi ini harus cukup masa kehamilan. Dianjurkan asupan karbohidrat yang dikonsumsi banyak mengandung zat tepung diantaranya nasi dan roti, karbohidrat yang dikonsumsi ibu hamil akan diubah menjadi energi dan mempercepat tumbuh kembang janin didalam kandungan.
  • PROTEIN

Konsumsi protein saat hamil yang harus dipenuhi 40 hingga 70 gram setiap harinya. Protein apabila sudah dicerna maka diubah menjadi asam amino, sebenarnya asam amino ditubuh bisa mengasilkan sendiri yang disebut asam amino non esesnsial . Namun ada protein dalam tubuh yang tidak bisa dihasilkan sendiri harus ada asam amino dari luar biasa disebut asam amino esensial. Fungsinya agar tubuh tetap sehat tidak mudah sakit. Anda bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung protein dari telur, daing ayam dan daing sapi tanpa lemak, yogurt dan susu, ikan tuna. Dan juga protein nabati dari kacang- kacangan.

  • ASAM FOLAT

Peran penting asam folat pada ibu hamil berfungsi meningkatkan kesuburan dan perkembangan bayi dan mencegah mencegah cacat tabung saraf pada bayi, nutrisi ini banyak pada sayuran hijau diantaranya bayam, brokoli, sawi hijau, asparagus, pada buah- buahan diantanya papaya, alpukat,dan jeruk sedangkan pada biji-bijian yaitu sereal dan gandum, dan juga ada pada salmon, hati sapi, telur, dan susu rendah lemak.
  • ZAT BESI

Nurisi ini sangat penting diperlukan oleh ibu hamil karena makanan yang mengandung zat besi dapat memproduksi haemoglobin yang berperan membawa oksigen dalam darah ke jaringan tubuh dan janin. Kekurangan zat besi membuat tubuh cepat Lelah dan mengakiatkan animea. Makanan yang mengandung zat besi tinggi ada pada daging sapi, tiram, hati, tuna dan salmon, kacang kedelai, bayam, tahu, kentang, biji wijen dan sereal.
  • KALSIUM

Mengkonsumsi kaya kalsium bisa dengan susu , atau susu kedelai, nutrisi ini baik untuk ibu hamil dan janin dalam tubuh untuk pertumbuhan tulang bayi. Nutrisi ibu hamil yang satu ini harus terpenuhi dengan minum tiga gelas susu kedelai setiap harinya sudah cukup. Apabila mengkonsumsi susu terasa mual maka bisa diganti dengan yogurt atau keju, makanan yinggi kalsium ada pada tahu, tempe dan sayuran hijau. Pada saat membuat sayur bening anda juga harus meminum kuah beningnya agar asupan vitamin dan mineral sebagai tambahan nutrisi bagi janin.

Setelah segala makanan, minuman dan buah- buahan yang mengandung nutrisi diatas dikonsumsi , diselingi dengan olahraga ringan agar tubuh tetap bugas saat hamil.Bisa anda cari tahu nutrisi persemester di Nutrisi ibu hamil yang harus terpenuhi agar kesehatan dan tumbuh kembang janin didalam kandungan tetap terjaga.

Bagikan :
+
Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Sumber Nutrisi Ibu Hamil Yang Wajib Anda Tahu"

 
Copyright © 2015 KlikSatu - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top